Banyak yang heran melihat
lapisan hitam di badan seher. Warnanya mirip tompel. Apa tidak bikin
gerak seher makin berat? Makanya kalau boleh tahu, apa fungsi dan
keunggulan lapisan ini?
Lapisan hitam itu teflon dan awalnya
dipakai di piston Honda Karisma atau Kirana. Seher itu buatan Federal
Izumi Manufacturing (FIM). Kini teknologi coating ini laris diaplikasi
di piston umumnya.
Nama resmi lampisan teflon itu molybdenum.
Agar koefisien gesek piston rendah dan berfungsi seperti pelumas kering
(dry lubricant). Gesekan dinding piston ke liner minim. Alhasil bisa
membantu menekan konsumsi BBM plus seher nggak gampang macet.
Proses
pelapisan teflon, Em-Plus melihat langsung di pabrik PT FIM. Pertama,
seher dicuci bersih sebelum dimasukkan ke ruangan super bersih dengan
suhu 20ยบ. Lalu dinding piston dilapis molybdenum macam disablon,
gerakannya mesti searah, lalu masuk proses heat treatment agar teflon
menempel kuat.
Pelapisan sangat tipis. Hanya dalam angka mikron.
Tidak bikin tebal permukaan seher juga tidak pengaruh terhadap ukuran
oversize.
(motorplus-online.com)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar